Apa itu DJ ?

DJ atau kepanjanganny Disc Jockey. Nah ini adalah salah dua dari hobi-hobi gue setelah travelling. Gue belajar DJ dari DSX DJ Management yang ada di Bali #g penting :P Sebenarnya gue ikut DJ bukan karena gue yang mau jadi DJ, suka dugem, suka music dll. Gue g begitu suka dugem sii #soalnya gue bisa dapet kesenangan tanpa dugem dan minum alkohol, contoh : backpacking buahaha. Tapi waktu itu gue g ada kegiatan banget, mau les tapi kayak anak SMA banget. Pokoknya saking bosennya dirumah gue masuk organisasi ini itu. Nah muncul di otak gue, kenapa gue g ikut belajar DJ aja ? Gue g tau, gue belajar DJ buat ngapain ? Apa tujuan kedepan ? Tapi ya barin aja. Semua yang gue ambil pasti udah di rencanain Tuhan gue. Yaa, keputusan gue pasti bakal bermanfaat kedepannya skalian juga nambah-nambahin kategori skill di curriculum vitae gue #ya kalii bermanfaat. Haha well… DJ / Disc Jockey itu adalah profesi seorang yang berperan sebagai pemandu music disebuah tempat hiburan/ intertainment club/ radio, dll baik untuk mengiringi orang melantai atau hanya mendengarkan saja (sebagai audience). Yahh bisa di bilang pemandu acara yang maen music (play back). DJ itu bakalan gunain kreativitas mereka, kemampuan, + keterampilan pas mencampur music/ mixing, komplikasi / music complication / frame, announcing/ speech, dan akting/performance buat jadiin suasana suatu tempat lebih meriah dan rame sesuai keinginan mereka. Nah, dengan kata lainn Disc Jockey itu adalah seorang penghibur / intertainer / artis #gue dong artis. Sejarah Disc Jockey Disc Jockey mulai dikenal orang sekitar tahun 40an ketika seorang penyiar radio di New York memperlihatkan kemampuannya yang mengundang perhatian orang dengan memberikan komentar / announce diantara lagu yang telah dia susun / kompilasi dan dimainkan secara nonstop di Radio WNEW.  Trus, orang yang sering minta pimpinan WNEW biar nampilin sang penyiarnya, Martin Block akhirnya dijulukin  Disc Jockey. Buat Disc Jockey, penampilan sama pentingnya dengan permainan, karena DJ itu wajib nguasain tekhnik mixing, tricks, compilation, announcing, performance dan sound control / equalizing sampe sound engineering makanya DJ juga wajib buat perhatiin kostumnya, ptongan rambut, aksesoris yang menarik dan atraktif #cielah bahsanya buat narik perhatian banyak orang.

Menurut Ensiklopedia Britanica, Disc Jockey berarti seseorang yang menyusun program music radio atau televisi, discotheque atau tempat-tempat hiburan pada umumnya.

LET’S ROCK THE CROWD !!!

are you ready for this ?

  1. DJ EQUIPMENT

Turntable, alat untuk memutar (player) atau memainkan musik / lagu dalam piringan hitam / record / vinyl.  DJ Audio Mixer, alat yang bisa digunakan untuk mengambil syara dari beberapa input, dan pengguna juga bisa mencampur beberapasuara tersebut menjadi satu output.  CD Player/CD Pitch, alat yang cukup populer dengan format digital. CD Player yang digunakan oleh DJ bukan layaknya CD Player pada umumya. CD Player digunakan sebagai alat pemutar piringan CD, CDJ juga memiliki fungsi yang hampir sama dengan truntable. Gambar diatas adalah Pioneer CDJ 1000 yang dapat digunakan untuk scratching seperti pada turntable. Record / Vinyl [piringan hitam], salah satu jenis media rekam lagu yang berbahan dasar dari vinyl atau abonyt berbentuk piringan tipis.

  • Tips Perawatan Vinyl, g boleh tergores benda tajam, g boleh kena panas, bersihin rutin pake Vinyl Cleaner kit, g boleh jatuh, cara megangnya di tepian vinylnya.

Compact Disc /CD, media yang paling banyak digunakan karena banyaknya jenis-jenis CDJ Player yang cukup berat dengan tekhnologi canggih, disamping itu juga digemari karena harganya yang relative lebih murah. DJ Headphone, perangkat vital DJ nih.. karena DJ Headphone untuk memonitor secara internal lagu yang akan diputar, dan juga membantu dalam tahapan sebelum melakukan mixing lagu : mendengarkan intro & break, speed / tempo, equalizers (sound control), dll pada sebuah lagu.Nah, itu dia beberapa hal-hal umum dari Disc Jockey, sejarah dan equipmentnya. Semoga bermanfaat kakak-kakak.

Haha Am I the only one

Haha Am I the only one

4 thoughts on “Apa itu DJ ?

Leave a Reply

